Jumat, 19 Oktober 2012

Biologi Terapan... Pertanian...


1.      Tanah
a.       Jelaskan konsep pembentukan tanah menurut Hans Jenny (1899-1992) yang menggunakan rumus S = f(cl, o, r, p, t)!
Jawab :
S = f(cl, o, r, p, t) dimana S adalah Soil (tanah), cl adalah climate (iklim), o adalah organism, r adalah relief (topografi), p adalah parent material (bahan induk atau batuan), dan t adalah time (waktu).
b.      Jelaskan empat fungsi utama tanah!
Jawab :
1.      Tempat tumbuh dan berkembangnya perakaran yang mempunyai dua peran utama, yaitu :
a)      Penyokong tegak tumbuhnya trubus (bagian atas tanaman)
b)      Sebagai penyerap zat-zat yang dibutuhkan tanaman.
2.      Penyedia kebutuhan primer tanaman untuk melaksanakan aktivitas metabolismenya, baik selama pertumbuhan maupun untuk berproduksi, meliputi air, udara, dan unsur-unsur hara.
3.      Penyedia kebutuhan sekunder tanaman yang berfungsi dalam menunjang aktivitasnya supaya berlangsung optimum, meliputi zat-zat aditif yang diproduksi oleh biota terutama mikroflora tanah, seperti :
a)      Zat-zat pemacu tumbuh (hormone, vitamin dan asam-asam organic khas)
b)      Antibiotic dan toksin yang berfungsi sebagai anti factor biotik/ abiotik-penyakit tanaman di dalam tanah
c)      Senyawa-senyawa atau enzim berfungsi dalam penyediaan kebutuhan primer tersebut atau transformasi zat-zat toksik eksternal seperti pestisida dan limbah industry berbahaya.
4.      Habitat biota tanah, baik yang berdampak positif karena terlibat langsung atau tak langsung dalam penyediaan kebutuhan primer dan sekunder tanaman tersebut, maupun yang berdampak negative karena merupakan factor biotik/abiotik –penyakit tanaman.
c.       Profil dari tanah yang berkembang lanjut biasanya memiliki horizon-horizon sbb: O –A –E –B –C –R. Jelaskan masing-masing horizon tersebut!
Jawab :
Horizon O       : serasah / sisa-sisa tanaman (Oi) dan bahan organic tanah (BOT) hasil dekomposisi serasah (Oa).
Horizon A       : horizon mineral ber BOT tinggi sehingga berwarna agak gelap.
Horizon E        : horizon mineral yang telah tereluviasi (tercuci) sehingga kadar (BOT, liat silikat, Fe, dan Al) rendah, tetapi pasir dan debu kuarsa (seskuoksida) dan mineral resisten lainnya tinggi, berwarna terang.
Horizon B       : horizon illuvial atau horizon tempat terakumulasinya bahan-bahan yang tercuci dari horizon diatasnya (akumulasi bahan eluvial).
Horizon C       : lapisan yang bahan penyusunnya masih sama dengan bahan induk (R) atau belum terjadi perubahan.
Horizon R       : bahan induk tanah.
d.      Jelaskan 3 alasan pH tanah sangat penting untuk diketahui!
Jawab :
1.      Menentukan mudah tidaknya unsure-unsur hara diserap oleh tanaman. Umumnya unsure hara yang diserap oleh akar pada pH 6-7, karena pada pH tersebut sebagian besar unsure hara mudah larut dalam air.
2.      Derajat keasaman atau pH tanah juga menunjukkan keberadaan unsure-unsur yang bersifat racun bagi tanaman.
3.      Derajat keasaman atau pH tanah sangat mempengaruhi perkembangan mikroorganisme di dalam tanah.
e.       Jelaskan pendapat Anda mengapa dalam memilih tempat untuk membuat profil tanah harus alami! Dan mengapa penampang pengamatan profil tanah harus dipilih pada sisi lubang penampang yang mendapat sinar matahari!
Jawab :
Dalam memilih tempat untuk membuat profil tanah harus alami agar mudah untuk mengamati dan mengetahui profil tanah, mudah untuk menentukan lapisan-lapisan tanah, mempermudah dalam mengambil sampel tanah. Jika penampang bersifat tidak alami maka akan mempersulit dalam pengamatan karena profil tanah tersebut sudah tercampur dengan unsur-unsur alam.
Penampang pengamatan profil tanah harus dipilih pada sisi lubang penampang yang mendapat sinar matahari karena dengan adanya sinar matahari kita dapat melihat lebih jelas lapisan-lapisan profil tanah, mempermudah dalam membedakan lapisan-lapisan tanah, dengan memperhatikan perbedaan warna, tekstur dan struktur tanah. Warna tanah setiap tanaman berbeda, jika yang dipilih yang terkena matahari, maka cenderung sama.
2.      Air
a.       Stress air (kekeringan) pada tanaman disebabkan oleh dua hal, jelaskan!
Jawab :
1.      Kekurangan suplai air di daerah perakaran.
2.      Permintaan air yang berlebihan oleh daun, dimana laju evapotranspirasi melebihi laju absorpsi air oleh akar tanaman, walaupun keadaan air tanah cukup (jenuh).
b.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan air tersedia!
Jawab :
Air tersedia adalah air yang diserap dari tanah oleh akar tanaman. Air tersedia merupakan perbedaan antara jumlah air dalam tanah pada kapasitas lapang (air yang tetap tersimpan dalam tanah dan tidak mengalir ke bawah karena gaya gravitasi) dan jumlah air dalam tanah pada persentase perlayuan permanen (pada persentase kelembapan tanah ini tanaman akan layu dan tidak segar kembali dalam atmosfer dengan kelembapan relatif 100%)
c.       Pentingnya air tidak hanya dilihat dari sisi jumlah air yang tersedia saja, tetapi lebih pada pendistribusian air tersebut, jelaskan maksud dari kalimat tersebut!
Jawab :
Hal ini penting kaitannya dengan kebutuhan tanaman yang berbeda, mulai pada saat tanaman berkecambah hingga panen yang sekaligus mengakhiri siklus hidup dari tanaman yang dibudidayakan. Untuk mengatasinya, diperlukan penambahan air yang intervalnya disesuaikan dengan pola kebutuhan tanaman agar air yang digunakan untuk mengganti kehilangan air dapat lebih efisien penggunaannya. Sehingga, sumber daya air yang semakin hari semakin menurun akibat efek pemanasan global dapat digunakan dengan lebih bijaksana dan terarah.
d.      Jelaskan apa saja fungsi air bagi tanaman!
Jawab :
1.      Air merupakan bagian yang esensil bagi protoplasma dan membentuk 80-90% bobot segar jaringan yang tumbuh aktif.
2.      Air adalah pelarut, di dalamnya terdapat gas-gas, garam-garam, dan zat-zat terlarut lainnya, yang bergerak keluar masuk sek, dari organ ke organ dalam proses transpirasi.


3.      Air adalah pereaksi dalam fotosintesis dan pada berbagai proses hidrolisis
4.      Air esensil untuk menjaga turgiditas, diantaranya dalam pembesaran sel, pembukaan stomata dan menyangga bentuk (morfologi) daun-daun muda atau struktur lainnya yang berlignin sedikit.
e.       Air yang ada di dalam tanah dapat berkurang karena adanya penyebab apa saja, jelaskan!
Jawab :
Air yang ada di dalam tanah dapat berkurang karena adanya penguapan, perkolasi, atau diserap oleh tanaman. Apabila dalam jangka waktu tertentu tidak ada penambahan air oleh hujan atau oleh irigasi maka tanah akan mongering dan tanaman akan segera memperlihatkan pengaruhnya terhadap kekeringan tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar